a Tidak Diterima Shalat tanpa Bersuci – Yayasan Alam Melayu Sriwijaya

Telah diriwayatkan dari Hammam bin Munabbih bahwasanya ia mendengar Abu Hurairah berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak akan diterima shalat seseorang yang berhadats hingga ia berwudhu.’ Seseorang laki-laki dari Hadramaut bertanya, ‘Apakah hadats itu wahai Abu Hurairah?’ Beliau menjawab, ‘Angin (kentut) yang mendesis maupun yang keluar dengan suara keras.'”
Kalimat ‘Tidak diterima shalat tanpa bersuci’, maksudnya adalah sesuatu yang lebih umum dari wudhu dan mandi wajib. Judul bab ini sendiri adalah lafazh sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan selainnya dari hadits Ibnu Umar. Demikian pula diriwayatkan oleh Abu Dawud dan selainnya dari jalur Abu Mulaih bin Usamah dari bapaknya. Riwayat ini memiliki jalur yang sangat banyak, namun tidak ada satupun yang memenuhi persyaratan Bukhari. Oleh karena itu, beliau hanya menempatkannya sebagai salah satu judul bab, lalu menyebutkan di bawah bab itu hadits lain yang dapat menggantikan kedudukannya.
Kalimat ‘Tidak diterima’, telah diriwayatkan pula oleh Abu Dawud dan Ahmad dari Abdurrazzaq, “Allah tidak menerima.” Maksud “menerima” di sini adalah sesuatu yang sinonim dengan kata sah atau mencukupi. Adapun hakikat penerimaan itu sendiri adalah hasil dari suatu ketaatan yang dianggap mencukupi dan dapat menghilangkan beban yang ada dalam tanggung jawab (dzimmah). Oleh karena memenuhi segala persyaratan shalat merupakan perkara yang sangat menentukan diterimanya shalat, maka hal itu diungkapkan dengan
“penerimaan” dalam bentuk kiasan. Sedangkan penerimaan yang dinafikan (ditiadakan) seperti sabda Nabi SAW, “Barangsiapa yang mendatangi tukang tenung maka tidak diterima shalatnya”, adalah tidak diterima secara hakikatnya. Sebab, terkadang suatu amalan dinyatakan sah namun tidak diterima karena adanya sebab yang menghalanginya.
Atas dasar ini maka seorang ulama salaf -yakni Ibnu Umar- mengatakan, “Sesungguhnya diterimanya satu shalat yang aku lakukan lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya.” Lalu beliau melanjutkan, “Karena sesungguhnya Allah SWT telah berfirman, ‘Sesungguhnya Allah hanya menerima (amalan) dari orang-orang yang bertakwa.'” (Qs. Al Maa idah(5): 27)
‘Berhadats’, maksudnya adalah sesuatu yang keluar dari dua jalan (qubul dan dubur). Hanya saja Abu Hurairah menafsirkan makna hadats dengan makna yang lebih khusus, untuk memberi peringatan akan hadats ringan (mukhaffafah) dari yang berat (mughallazhah). Di samping itu, kedua perkara yang disebutkan oleh Abu Hurairah ini lebih banyak terjadi pada orang yang sedang shalat daripada hadats-hadats lainnya.
Adapun macam-macam hadats yang masih diperselisihkan oleh para ulama seperti menyentuh kemaluan, menyentuh wanita, muntah dalam kadar yang banyak serta berbekam, ada kemungkinan beliau (Abu Hurairah) berpandangan bahwa wudhu tidak batal karena hal-hal tersebut. Pandangan ini pula yang diikuti oleh penulis (Imam Bukhari) sebagaimana akan dijelaskan dalam bab, “Pandangan yang mengatakan bahwa wudhu tidak batal kecuali oleh sesuatu yang keluar dari dua jalan”.
Kemudian ada yang mengatakan bahwa Abu Hurairah sengaja mencukupkan jawabannya pada kedua hal itu, karena ia mengetahui bahwa sang penanya telah mengetahui macam-macam hadats selain kedua macam ini. Akan tetapi penafsiran ini terlalu jauh menyimpang.
Hadits ini dijadikan sebagai dalil batalnya shalat seseorang yang berhadats, baik hadats itu keluar atas kehendaknya maupun karena terpaksa. Demikian pula hadits ini dijadikan dalil bahwa wudhu tidaklah wajib dilakukan setiap kali hendak melaksanakan shalat, karena tidak diterimanya shalat berakhir hingga seseorang telah berwudhu, sementara hukum setelah berwudhu itu berbeda dengan hukum sebelumnya. Dari sini timbul suatu konsekuensi bahwa shalat itu tetap diterima setelah seseorang berwudhu.
‘Berwudhu’, maksudnya dengan menggunakan air ataupun sesuatu yang dapat menggantikannya. Diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i dengan sanad (jalur periwayatan) yang kuat dari Abu Dzarr, dari Nabi SAW, “Debu yang baik adalah wudhu seorang muslim.” Di sini syariat telah menamakan tayamum sebagai wudhu, karena tayamum itu dapat menggantikan kedudukan wudhu. Maka yang dimaksud diterimanya shalat seseorang yang berhadats bila ia telah berwudhu, adalah jika ia menyempurnakan pula syarat-syarat shalat yang lainnya.***tts
Wallahu a’lam
***Dinukil dari kitab Fathul Baari Syarah Shahih Bukhari – Imam Ibnu Hajar Al Asqalani

(Visited 294 times, 1 visits today)
Tidak Diterima Shalat tanpa Bersuci
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacor judi bola gb777 gacor 131 judi bola slot dana slot demo judi bola slot triofus akun pro thailand akun pro lebanon akun pro kamboja akun pro malaysia akun pro vietnam
slot gacor slot gacor88 slot hoki dominoqq dominoqq pkv games bandarqq dominoqq pkv games hk depo 25 bonus 25 slot deposit pulsa tanpa potongan slot777 idnslot slot triofus slot bni slot bonus slot bri slot bsi slot dana slot mahjong slot kakek zeus pkv games poker online rtp slot game slot slot gacor slot123 slot thailand bandarqq pkv games pkv games bandarqq bandarqq bandarqq pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games poker online idnpoker qq qq qq poker dominoqq dominoqq dominoqq dominoqq slot88 slot77 pgsoft slot qris slot pulsa idn slot judi online joker123 togel123 togel hk pgsoft slot hoki mpo play slot123 slot terbaru slot hoki togel online slot triofus sbobet88 slot resmi jam hoki main slot slot resmi bocoran admin jarwo slot pulsa pkv games mix parlay slot demo pkv games mpo slot mix parlay bandarqq slot deposit pulsa slot demo mpo slot ding dong togel online pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq dominoqq dominoqq dominoqq dominoqq dominoqq mpo slot togel singapore online judi online slot123 slot hoki slot hoki slot pulsa slot resmi jam hoki main slot togel hk bocoran admin jarwo togel online togel hk bocoran admin jarwo pg soft dominoqq pgsoft bandarqq slot resmi slot terbaru
klik66 klikqq liga99 priaqq cafeqq ayahqq kartu66 cantikqq abangqq ligapoker ligacapsa serverpkv slot hoki 4d poker qq rtp slot slot pulsa dominoqq pkv games bandarqq poker qq slot pulsa dominoqq pkv games